Perkembangan Trend Fashion Indonesia

Sejarah Perkembangan Trend Fashion Indonesia
Berbicara mengenai Perkembangan Trend Fashion di Indonesia, tidak terlepas dari nama-nama designer atau perancang busana dan peristiwa yang terjadi pada masa perkembangan dunia fashion Indonesia.

Secara historis, sejak 700-1000 SM, tekstil dan kain telah didokumentasikan sebagai salah satu produk penting yang dipertukarkan atau diperdagangkan antara bangsa-bangsa dan kerajaan di Asia Tenggara.

Sebagai contoh, Kerajaan Sriwijaya (Palembang) memperdagangkan sumber daya alamnya untuk untuk ditukar dengan sutra dan gerabah dari Cina, dan dengan India, mereka menukarkannya untuk kapas.

Definisi Trend Fashion


Definisi Fashion Trend adalah setiap mode pakaian atau perhiasan yang populer selama waktu tertentu atau pada tempat tertentu. Istilah fashion sering digunakan dalam arti positif, sebagai sinonim untuk glamour, keindahan dan gaya atau life style yang terus mengalamai perubahan dari satu periode ke periode berikutnya, dari generasi ke generasi.
Juga berfungsi sebagai refleksi dari status sosial dan ekonomi.

Fungsi yang menjelaskan popularitas banyak gaya sepanjang sejarah kostum. Fesyen atau mode semakin menjadi industri yang menguntungkan di dunia internasional sebagai akibat dari munculnya rumah-rumah mode terkenal di dunia dan majalah fashion.

Trend dan musim fashion sebagian besar didorong oleh perancang busana yang membuat dan menghasilkan artikel pakaian.

Dalam hal ini istilah Bisnis Fashion akan digunakan dalam arti bisnis yang berhubungan dengan pakaian modis atau pakaian sebagai industri kreatif yang diciptakan dan diproduksi oleh perancang busana.

Tidak ada yang menyangkal bahwa karya perancang busana memiliki kontribusi besar untuk industri garmen, karena saat ini para pengusaha garmen akan perlu menggunakan keahlian para desainer untuk selalu up to date agar tidak ketinggalan dengan tren fashion dunia.

Titik Awal Perkembangan Fashion Indonesia

Perkembangan Trend Fashion di Tanah Air sangat dipengaruhi oleh budaya Eropa dan Asia terutama Busana Korea belakangan ini. Fashion di Indonesia telah berkembang dengan baik dalam sejarah, sejak munculnya Non Kawilarang dan Peter Sie , pada tahun 1960, dunia mode Indonesia telah menunjukkan potensi dan bakat yang luar biasa.

Dalam perkembangan awalnya Indonesia cenderung meniru gaya barat, baik dalam bahan yang digunakan maupun design.

Secara usia, orang tua di tanah air umumnya lebih nyaman dengan kostum tradisional seperti kebaya, terutama untuk menghadiri acara khusus.

Berbeda dengan usia muda yang lebih sering tampil dengan mode gaya barat atau gaya busana korea. Sejak saat itu busana tradisional secara harmonis berkembang sama baiknya dengan desain gaya barat hingga saat ini.

Tahun 1970 merupakan awal kemunculan dari Iwan Tirta, Harry Dharsono, Prajudi, Poppy Dharsono dan Ramli yang telah memberikan signal dalam Dunia Fashion Indonesia kepada dunia internasional melalui penciptaan mereka dan parade fashion didalam maupun di luar negeri.
Dalam dekade tersebut, dunia fashion Indonesia mencatat kemajuan yang cukup besar.

Upaya dan kerja keras dari para desainer muda didukung oleh terbitnya majalah wanita "Femina", majalah wanita baru yang dimulai penerbitan pada tahun 1972, yang banyak memberikan perhatian serius terhadap dunia mode dengan menghadirkan berita trend fashion dunia, sehingga memberikan spektrum yang lebih luas untuk fashion nasional di era ini.

Pia Alisjahbana merupakan wanita yang berpengaruh dalam mengelola majalah tersebut dan memprakarsai Lomba Fashion Desainer pertama Tahunan pada tahun 1979.

Acara ini menjadi peristiwa penting yang berhasil mencetak banyak designer muda  berbakat seperti Samuel Wattimena, Chossy Latu, Carmanita, Edward Hutabarat, dan Stephanus Hamy, menambah daftar desainer yang ada seperti Arthur Harland, Susan Budiarjo, Thomas Sigar, Dandy Burhan, Adrianto Halim, Corrie Kastubi, Ghea Panggabean, Biyan, Raizal Rais dan Itang Yunaz.

Nama mereka telah menjadikan titik sejarah untuk perkembangan industri fashion Indonesia. Pada masa itu, peluang besar bagi perancang busana untuk mengembangkan design-nya disupport oleh Pemerintah. 


Departemen Perdagangan misalnya, mereka terlibat dalam pameran internasional, pameran perdagangan, serta misi budaya, terutama di negara mode terkemuka seperti Amerika Serikat, negara-negara Eropa dan Australia.

Busana Indonesia Modern

Pada tahun 1990-an ketika isu-isu globalisasi dan perkembangan teknologi media modern seperti internet, mempermudah para designer untuk mengakses berita mengenai perkembangan dunia fashion dan trend telah banyak membantu para desainer dalam menciptakan variasi fashion terutama dalam mengadopsi gaya barat yang glamor. 

Misalnya Sebastian Gunawan, yang memperkenalkan gaun pesta dengan manik-manik dan kristal cantik, menjadi terkenal dan membawa inspirasi positif untuk desainer lain seperti Biyan, Arantxa Adi, Adjie Notonegoro dan Eddy Betty. 

Sampai sekarang, manik-manik dan kristal sebagai aksesoris fashion masih digemari di Indonesia. 


Busana Kebaya Modern
Pada tahun 2000-an nama-nama baru lebih memperkaya daftar panjang desainer berbakat Indonesia yang memiliki karakteristik tersendiri dan gaya independen seperti Adrian Gan, Obin, Kiata Kwanda, Sally Koeswanto, Tri Handoko dan Irsan.

Sementara yang lain membuat desain gaya barat, Edward Hutabarat dan Anne Avantie mendedikasikan kreasi mereka dengan mendesign kostum tradisional "Blus Kebaya" dengan sentuhan modern. Sehingga membuat busana tradisional Indonesia terlahir kembali dan dicintai oleh kalangan muda sehingga mereka lebih menghargai seni tradisional.

Demikian Rangkuman Sejarah Perkembangan Dunia Fashion di Indonesia dengan nama-nama Fashion Desainer yang terlibat didalamnya. Semoga dapat menjadikan inspirasi bagi perkembangan dunia fashion yang lebih maju.
Buy Now
Share

Message on WhatsApp

Perkembangan Trend Fashion Indonesia

*Price :*%20

Payment & Delivery

Send
  • Description

  • Read more

  • 7 comments

Sejarah Trend Fashion Indonesia Mulai dari Titik Awal Hingga Peristiwa Perkembangan Dunia Fashion Tanah Air Serta Designer Fesyen
  1. panjang juga yah sejarahnya, tapi yang penting sekarang fashion indonesia semakin berkembang dan gak ketinggalan dr negara" lain..

    ReplyDelete
  2. moga aja perkembangan fiashion indonesia makin punya khas lokal dengan kwalitas internasional

    ReplyDelete
  3. I love what you guys are consistently up too. Such clever work and reporting! Keep up the great works guys I’ve added you guys to my blogroll.
    MLM Leaders
    Network Marketing Leads

    ReplyDelete
  4. dengan kemajuan teknologi sekarang ini, smoga para desainer indonesia bisa mengembangkan kemampuannya tapi tetap bisa menjaga etika dalam berbusana.
    busana muslim terbaru

    ReplyDelete
  5. permisi...buat yg pngn cri berbagi fashion pria dan wanita silahkan mampir ke www.duniafashionshop.com

    ReplyDelete
  6. owww gitu ya sejarahnya...semoga trend mode di indonesia makin berkembang dan melahirkan trend2 mode busana muslim yg keren..amin

    ReplyDelete
  7. Mengagumkan !.. Semoga kedepannya bangsa Indonesia bisa menjadi kiblat trend mode Dunia.. Regards : Fitinline..

    ReplyDelete

Post a Comment