Bisnis Distro Contoh Model Bisnis Yang Berhasil

Bisnis Dsitro merupakan Industri Fashion Kreatif yang berkembang di Kota Bandung, sebagai Pusat industri tekstil dan Pakaian Jadi yang banyak menyerap tenaga kerja lokal, sehingga sejak dulu keahlian membuat, medesign dan Sablon sudah mendarah daging bagi warga Bandung.

Didukung dengan keberadaan Fakultas Teknik ITB khususnya jurusan Design, IT, Teknik Industri dan Kesenian. Kekayaan Sumber Daya inilah yang menghasilkan Design T-Shirt, Sepatu, Tas, Topi dan Aksesoris kualitas Export.

bisnis distro contoh model bisnis yang berhasil
Picture by iStockPhoto
Di Indonesia belum banyak contoh model bisnis yang berhasil dikembangkan secara terorganisir dan bersifat regional.

Kali ini kita akan membahas beberapa kunci keberhasilan dari Industri Fashion Distro sehingga menjadi model bisnis yang berhasil tidak hanya bagi perorangan, bahkan usaha distro disebutkan sebagai penggerak motor kebangkitan Ekonomi kota kembang.

Musik Sebagai Sumber Inspirasi Anak Bandung Dalam Berkreasi


Dunia Musik merupakan salah satu inspirator kaum muda dalam banyak hal, salah satunya adalah lahirnya istilah Distro atau Distribution Outlet. Pada tahun 1990-an anak muda kota kembang sangat menggandrungi berbagai genre musik seperti Punk, Underground, Metal dan Rock sehingga terlahir komunitas-komunitas pecinta aliran musik tertentu. Sejalan dengan itu, banyaklah terlahir Band-Band Indie yang mulai digemari kaum muda lainnya.

Dengan adanya komunitas pecinta Band Indie, banyaklah permintaan merchandise seperti T-Shirt, Topi, Sticker dll untuk mencitrakan kecintaan seorang Fans terhadap Band idolanya.

Dari permintaan tersebut, lahirlah para designer muda yang mulai mengembangkan usahanya sehingga sampai saat ini ada ratusan label atau merk Distro di Kota Bandung.

Dukungan Pemerintah Bandung

Pemerintah Kota Bandung mencanangkan Visi "Bandung sebagai Kota Kreatif" bertujuan untuk merangsang sumberdaya yang dimiliki untuk mendukung tumbuhnya Industri Kreatif, salah satunya adalah Industri Distro dan Fashion.

Beberapa strategi dijalankan diantaranya menyediakan fasilitas bagi kaum muda untuk mengekpresikan dan menggali kreatifitas. Beberapa Jalan seperti Dago, Jl. Riau, Sihampelas, Ganesha, Taman Sari, dan Dipati Ukur telah berubah secara signifikan menjadi pusat Bisnis kreatif.

Dibeberapa tempat tersebut sering diadakan Live Music yang menjadi magnet bagi Muda-Mudi dari berbagai daerah data ke Koata Bandung.

Selain itu sering pula diadakan Pameran Produk Fashion yang menjadi ajang Para Pengusaha Distro memperkenalkan Produk Fashionnya.

Toko Online dan Katalog Fashion


Bandung sebagai salah satu Kota Pendidikan di Indonesia terutama jurusan Teknik Industri, Design, Seni dan Teknologi Informasi khususnya menjadi salah satu kunci sukses Pemasaran Produk Distro hingga ke pelosok tanah air, bahkan ke manca negara.

Pengusaha Distro bekerjasama dengan Mahasiswa jurusan Teknologi Informasi dalam Memasarkan produk secara Online dengan mengembangkan Toko Online dan Katalog Fashion sebagai alat marketing offline.
ecommerce toko online

Toko Online turut serta memasarkan produk Distro hingga ke pelosok tanah air dan bahkan manca negara.

Seiring dengan berkembangnya pengguna internet aktif di Indonesia, jarak dan waktu kini tidak menjadi hambatan lagi bagi perkembangan usaha.

Transaksi penjualan terjadi hanya dalam beberapa click mouse saja.

Untuk lebih memperluas jaringan penjualan, banyak pengusaha Distro membuat Katalog Fashion yang berisi Ratusan Foto atau Gambar Produk Fashion untuk disebar kepada Agen Penjual di daerah.

Dengan Katalog tersebut para agen tidak lagi memerlukan modal yang besar untuk memulai usahanya menjual pakaian dan produk fashion.

Demikianlah beberapa kunci sukses yang menjadikan Usaha Distro sebagai Model Bisnis yang Berhasil. Semoga menjadi Inspirasi bagi anda Kaum muda yang melihat potensi daerahnya masing-masing.
Buy Now
Share

Message on WhatsApp

Bisnis Distro Contoh Model Bisnis Yang Berhasil

*Price :*%20

Payment & Delivery

Send
  • Description

  • Read more

  • 5 comments

Bisnis Distro Merupakan Contoh Model Bisnis yang Berhasil, Kunci Sukses Fashion Distro Sebagai Penggerak Ekonomi Kota Bandung
  1. mantepp sangat nih gan,, sukses selalu..

    ReplyDelete
  2. Lengkap sudah kota Bandung ini, ada univeritas besar (ITB), terkenal akan dunia fashion, dan juga di support pemerintah.
    Niscaya akan cepat maju kota bandung menjadi Paris nya Indonesia

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. hal terpenting dalam memilih maupun akan menjalankan Business Opportunity,Franchise,atau Waralaba
    bukan semata-mata terletak pada seberapa bagus produk yang akan di jual,serta seberapa besar kebutuhan pasar akan produk tersebut.
    pernahkah terbayangkan tiba-tiba anda harus mengganti merek disaat business sedang berkembang pesat karena adanya tuntutan dari pihak lain atas Merek yang digunakan ?

    Sedangkan untuk mendapatkan konsumen yang loyal,kita harus selalu mengedepankan innovation. namun besarnya biaya untuk menebus sebuah innovation tanpa adanya perlindungan hukum terhadap merek merupakan langkah yang sia-sia,
    coba anda bayangkan berapa banyak waktu,tenaga,fikiran,bahkan uang yang terbuang demi tercapainya innovation sebuah merek.bagaimana rasanya jika merek tersebut di palsukan oleh competitors anda? Kesadaran akan pentingnya mendaftarkan merek dagang merupakan bukti nyata keseriusan anda dalam membangun sebuah business.

    inilah pentingnya fungsi mendaftarkan merek,desain industri,hak cipta,serta paten.

    Konsultasikan merekdagang anda segera pada www.ipindo.com konsultan HKI terdaftar.

    ReplyDelete
  5. Thanks on your marvelous posting! I seriously enjoyed reading it,
    you will be a great author.

    ReplyDelete

Post a Comment